Friday, November 9, 2007

Pesantren Darul Arafah



seuntai kata tentang pesantren yang membrikan cahaya ilmu keislaman


Oh pondokku
Tempat naung kita
Dari kecil
Sehingga dewasa
Rasa batin damai dan sentosa
Dilindungi Allah Ta’ala
Oh pondokku engkau berjasa
Pada ibuku Indonesia

Reff:
Tiap pagi dan petang
kita beramai sembahyang
mengabdi pada Allah ta’ala
Di dalam kalbu kita
Wahai pondok tempatku
Laksana ibu kandungku
Yang kasih serta sayang padaku
Oh pondokku………….
i……..bu……ku………

demikianlah bunyi liriknya, sudah tentu pembaca yang alumni pesantren sudah familiar dengan lagu ini.
Darul Arafah adalah pesantren yang di dirikan atas dasar ketulusan dan kemurnian cita-cita islam untuk menghasilkan para kader pemimpin bangsa dan agama yang berkualitas dalam menghadapi era gobalisasi yang penuh dengan tantangan dan hal-hal baru yang kita jumpai saat ini, ajaran islam akan tetap update hingga akhir zaman, namun sebuah tantangan bagi umat islam adalah bagaimana kita menciptakan dan menjadi muslim yang mampu menetralisir tantangan dan hal yang baru menjadi warna dan tanpa merubah syariat islam yang sudah di wasiatkan kepada umat.

Pendiri Pondok Pesantren Darul arafah adalah Bapak H. Amrullah Naga Lubis, yang pada saat itu sering mengunjungi anaknya yang sedang belajar di Pondok Modern Gontor, saat itulah muncul ide beliau untuk medirikan pesantren di tanah Sumatra ini, sebelumnya beliau sempat berinteraksi dengan pimpinan Gontor K. H Imam Zarkasyi, dalam dialog singkat tersebut diketahui bahwa santri yang belajar dari Sumatra utara hanya 200 orang saja. Secara factual jumlah ini terlalu kecil bila dibandingkan dengan jumlah siswa didik disumatra utara yang beragama Islam.

Hal inilah yang mengganjal di hati Bapak H. Naga Luabis adalah pernyataan K.H Imam Zarkasyi bahwa dahulu putra jawalah yang datang ke Sumatra untuk belajar, namun sebalikya saat ini putra Sumatra lah yang datang ke Jawa untuk belajar. Timbulah keharuan di hati Bapak H. Amrullah Naga Lubis ketika melihat calon santri yang baru lulus sekolah dasar harus berpisah sedemikian jauh dari orang tua dan keluarga mereka.
Rasa haru semakin bertambah melihat kenyataan bahwa sebagian anak-anak tersebut tidak dapat diterima di Pondok Modern Gontor dan terpaksa pindah kepesantren-pesantren lain yang berada disekitarnya. Semangat ini lah yang memantapkan tekad beliau untuk segera mendirikan lembaga pendidikan islam di Semuatra. Pada sisi lain, beliau menyadari dorongan suara hati yang memberkan inspirasi untuk memilih Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang sebagai pertapakan pesantren yang akan dirintisnya.

Desa Lau Bakeri sangat jauh dari perhitungan yang benar untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan karena tergolong sangat terpencil dan jauh dari jangkauan masyakat kota juga di kelilingi oleh mayoritas masyarakat non-muslim.

Pada awalnya sempat timbul keraguan dalam diri beliau ditambah lagi dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki. Namun dengan keyakinan yang penuh akan adanya pertolongan dari Allah SWT. Maka dengan mengucapkan BISMILLAHIRROHMANIRROHIM pada tanggal 17 agustus 1985 Bapak H. Amrullah Naga Lubis dan keluarga bersama Drs. Ikromi Saputra, alumni alumni Pondok Modern Gontor 1982-1983, meletakan batu pertama pembangunan gedung asrama 17 agustus Pesantren Darul Arafa dengan sangat sederhana.

Dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT. Pada tanggal 8 mei 1986 pertepatan 26 Syakban 1406 H dibukalah pendaftaran santri untuk pertama kali di Pesantren Darul Arafah.

Impian tersebut menjadi kenyataan dengan melihat facta bahwa saat ini Pesantren Darul Arafah menjadi salah satu pesantren terbesar disumatra sehingga tidak perlu lagi bagi pelajar Sumatra berhijrah keJawa untuk belajar agama. Peningkatan yang dicapai oleh Darul Arafah tidak terlepas dari dorongan Pesantren Modern Gontor yang besedia munyuplai alumninya untuk mengajar di Pesantren Darul Arafah, hingga akhirnya seiring dengan waktu berlalu Pesantren Darul Arafah mampu menciptakan alumni yang berkualitas dan mampu memberikan dedikasi tinggi bagi masyakat umum, dan dengan demikian Pesantren Darul Arafah dapat melahirkan pengajar sendiri bahkan juga mampu menyuplai tenaga pengajar untuk di kirim kepesantren lain di tanah sumatra kuhusnya.

Tulisan ini saya kutip dari sebuah buku agenda yang saya dapatkan saat baru lulus dari Pesantren Darul Arafah, saya adalah alumni ke-13 pesantren Darul Arafah, teman-teman saya menamakan alumni angkatan kami engan sebutan PASTI BEDA (Putra Alumnus Tiga Belas Darul Arafah) ada sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya menjadi alumni Pondok Pesantren, tertanam dihati nilai-nilai keimanan, sehingga menjadi defendable untuk kita dalam menghadapi dunia yang penuh tantangan, saat ini telah banyak alumni Pesantren Darul Arafah yang belajar kenegara-negara lain, kebanyakan para almni melanjutkan belajar ke Mesir juga Madinah Al-munawaroh. Semoga pendidikan Ala Islam ini dapat bertahan sampai akhir zaman. Demikian seuntai kata mengenai Pesantren Darul Arafah,

17 Comments:

At March 6, 2008 at 1:03 AM , Blogger shadow_mgt said...

Mudah2 an begitu setrusnya, rasa yg tertanam akan menjadi sebuah nostalgia jika tidak ditularkan kepada saudara yang lain, rasa yg dimaksudkan adalah ukhuah dan nilai12 keimanan dengan metode dokterin dan perlakuan yang sedikit "beda". Namun hasilnya silahkan menilai sendiri....
(Irwan Saputra, Alumni 4)

 
At March 30, 2008 at 8:24 PM , Blogger Syaifullah said...

makacih ya gw jd inget cama pondok

 
At April 24, 2008 at 7:29 AM , Blogger Muhammad Yusron said...

Wah..oke juga nih blognya..
jadi inget nostalgia pesantren..
teruslah berkarya..semoga bisa bermanfaat buat semua..
"kita bisa hidup berarti bukan karena pendidikan tapi keterampilan"..kira-kira begitulah kata orang orang...
kalau bisa yang jago program web..buat forum DA..dan diexpose di yahoo atau di google supaya pada tau..lumayan buat ajang silaturrahmi..siapa tau bisa saling berbagi...ditunggu..lho..

Wassalam..
Muhammad Yusron, Alumni 8

 
At May 9, 2008 at 2:14 AM , Blogger rans said...

betah ni yeee di INDIA mpe ga pulang2 euy.ni fahry bang ikhsan,HP:085214542946,email/friendster:
alfa_fahry@yahoo.com

 
At May 18, 2008 at 6:01 AM , Blogger Cyber2008 said...

hehe.. Yusron ente dmn skrg..? eh bagi info juga ya..? ada blog buat anak DA juga nih...
www.darularafah2008.blogspot.com
Wassalam..
(Sabaruddin Ahmad)
alumni ke 8

 
At November 4, 2008 at 8:19 AM , Blogger M. Danu said...

syukran jazakumullahyang telah mengingatkan sy kpd almamater yg telah mendidik sy.dah lama sy tinggalkan DA lebih kurang 14 tahun yang lalu, alhmdulillah kini hadir blog yang bisa mengenang masa yang lalu tsb....ana danu sanjaya alumni kedua PDA mungkin antum gak kenal..tapi ana ingat antum.bs hub ana di askarillah@gmail.com thanks

 
At March 5, 2009 at 2:09 AM , Blogger Pesawaran said...

Assalamu'alikum San.
ini Roby Mazni PASTIBEDA
kelihatannya sudah lama belum ada yang tulis komentar lagi, jadi aku coba ngisi komentar.
blog nya bagus;';'
kalau bisa ditambah data para alumni yang diketahui aja, biar lebih banyak lagi komunikasi...ini cuma usul aja.

ma'af and wassalamu'alikum

 
At April 9, 2009 at 7:18 PM , Blogger doel jon said...

mantab...akhirnya qt bisa bernostalgila-gilaan di sini,
"ini tidak seperti yg aku duga", (kata Rumi seperti itu), tapi bener ini kenyataan, aq sepakat apa yg dibilang akhi yusron, kalau bisa sekalian forum DA jadi salah satu menu webnya..

Wassalam
Joni Adi Fitra, Alumni 9

 
At November 21, 2009 at 8:02 AM , Blogger matt said...

This comment has been removed by the author.

 
At November 21, 2009 at 8:22 AM , Blogger matt said...

bro.. kaifa anta? ni ane rahmad pidie. sohib ente yang seperjuangan mau kuliah di india.. tpi syang.. ane ga jadi pigi.ni facebook ane. matt_mantak@yahoo.com, no hp. 081919601939. ane harap kita bisa besua lage san.. uda sarjana ngak ente? call me ok? di unggu man..

 
At January 18, 2010 at 9:54 PM , Blogger DhiNy BloGz said...

saya sering dengar tentang pesantren ini. Apa bisa minta kejelasan lebih lanjut?
Seperti prestasi yg ditorehkan, Guru2 nya, santrinya.
Dan konfirmasi mengenai isu bahwa di pesantern ini ada santri yg trkena virus flu babi. Mohon.....

 
At September 16, 2010 at 12:00 AM , Blogger kris said...

ass wr wb. Saya ust kristiyono yg pernah ngajar bhs inggris dari jakarta. saya juga guru bhs korea.
Mengumumkan kalo mau kerja di korea smp juga bisa desember ada ujian. dan kalo mau bhs jaci mata pelajran di darul arafah saya siap .hub saya 085216362104

 
At November 18, 2010 at 7:11 AM , Blogger aku said...

aslm.wr.wb.
permisi.. saya didi punya kakak perempuan umur 22 thun yg bergaul dgn penganut agama lain..
saya takut dia kelak akan murtad atau kluar dari agama muslim..
kami tnggal di daerah sumatra utara.. tepatnya di kota medn..
tolong beri kami usulan apkah kk saya bisa di binna di pesantren ini??
brp lama dan biayanya brp?
karena kami tdk punya kluarga di bandung..
mohon jawaban....

 
At March 7, 2011 at 12:42 PM , Blogger mahadi nasution said...

saya mahadi alumni 16,...
kapan ne bang2,, kita buat reuni akbar la bang, sekalian memperkuat tali silaturrahmi antar alumni....

 
At February 12, 2012 at 11:20 PM , Blogger kris said...

Ass.wr.wb
Kepada yht Bp.Naga lubis& staff guru

Saya kristiyono guru bahasa inggris& korea yang pernah ngajar di ponpes Darul arafah menginfokan kalo ada yang minat bahasa inggris &korea& kerja di korea akan ada ujian lagi april 2012 di usu hub saya 085216362104 untuk latihan bhs korea.
Wass.wr.wb

 
At October 11, 2013 at 2:29 AM , Blogger Fadhilatun Mahfudzah said...

jadi kangen DA,,,,,

 
At October 11, 2013 at 2:30 AM , Blogger Fadhilatun Mahfudzah said...

This comment has been removed by the author.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

My Ballot Box
Haruskah Almuni Santri belajar ke Negri Arab




Bagai mana Al Azhar University?




Anda pernah mendengar Aligarh Muslim University di India?






View Results
INDONESIAN STUDENTS' BLOG IN INDIA

Asnadi  • A. Fatih Syuhud   • Ahmad Qisai   • Aila El Edroos  • Dudi Rahman  • Fadlan Achadan  • Irwansyah Yahya  • Joni Rahalsyah Putra  • Julkifli Marbun  • Jusman Masga  • Khairurrazi   • Lukman Nul Hakim  • Mario  • Muhammad Ikhsan   • Mujazin   • Mukhlis Zamzami Chaniago  • Pan Mohamad Faiz  • Purwarno Hadinata  • Putu Widyastuti Rudolf  • Rahmanita   • Rini Ekayati  • Rizqon Khamami  • Saifullah Hayati Nur  • Tasar Karimuddin  • Tylla Subijantoro  • Umi Kalsum  • YASER AMRI  • Yunita Ramadhana  • Zamhasari Jamil  • zulfikar karimuddin 


OVERSEAS BLOGGERS :

INSTA PUNDIT   •Andrew Bartlett, a Democrat Senator from Queensland    •Georganna Hancock   •Juan Cole   •Avari   •Jakartass   •Java Jive: paradise is not all that it seems   •John Mc Dougall   •John Tyrrell   •La Antropologia Cautiva en Babilonia   •Less people, less idiots   •Preetam Rai   •Sean Doherty    •Tariq Nelson   •Virtually Islamic  




      Subscribe in NewsGator Online   Subscribe in Rojo   Add Beautiful Mind to Newsburst from CNET News.com   Add to Google   Add to My AOL   Subscribe in FeedLounge   Add to netvibes   Subscribe in Bloglines   Add to The Free Dictionary     Add to Bitty Browser   Add to Plusmo   Subscribe in NewsAlloy   Add to Excite MIX   Add Beautiful Mind to ODEO   Subscribe in podnova   Add to Pageflakes